Pengantar proses stamping lembaran logam

- 2022-04-28-

1、 Definisi pemrosesan lembaran logam

Pemrosesan logam lembaran adalah sejenis teknologi pemrosesan logam. Biasanya, beberapa lembaran logam ditekan dengan tangan atau die untuk menghasilkan deformasi plastis untuk membentuk bentuk dan ukuran yang diinginkan, dan bagian yang lebih kompleks dapat dibentuk dengan pengelasan atau sejumlah kecil pemesinan. Ini terutama dikenal sebagai pemotongan dan paku keling lembaran logam, yang membutuhkan pengetahuan tertentu tentang pemrosesan lembaran logam, seperti pemotongan dan paku keling. Bagian lembaran logam adalah bagian lembaran logam, yang dapat diproses dengan cara dicap, ditekuk, diregangkan, dan cara lainnya. Misalnya, cangkang besi di luar mobil adalah bagian lembaran logam. Proses pemrosesan logam yang sesuai dengan proses lembaran logam termasuk pengecoran, penempaan, pemesinan, dll., Dan ketebalan logam dari produknya biasanya tidak konsisten.

2 Klasifikasi proses lembaran logam

① Lembaran logam manual

Hanya alat yang relatif sederhana yang digunakan, dan sebagian besar pekerjaan diselesaikan dengan tangan. Ini terutama terkonsentrasi di bidang perbaikan mobil, seni, periklanan, dan sebagainya

② Stamping lembaran logam

Dengan bantuan kekuatan peralatan stamping konvensional atau khusus, pelat logam secara langsung dideformasi oleh gaya deformasi dalam cetakan, sehingga memperoleh teknologi produksi produk pelat logam dengan bentuk dan spesifikasi tertentu. Ini hanya berlaku untuk jenis produk dengan variasi tunggal, keluaran besar, struktur kecil dan produk yang relatif stabil

â NC lembaran logam

Menggunakan teknologi dan peralatan kontrol numerik untuk melakukan pemrosesan deformasi dingin yang komprehensif dari pelat logam, terutama termasuk meninju, memotong, melipat, mengelas, memukau, perawatan permukaan, dan proses lainnya. Sangat cocok untuk produk dengan batch kecil, banyak varietas dan ukuran besar

3 Karakteristik proses stamping lembaran logam

① Produk yang ditekan memiliki kualitas yang baik, seperti permukaan yang halus, presisi tinggi, stabilitas relatif, dan pertukaran yang baik; Ringan, kekakuan yang baik dan kekuatan tinggi; Proses stamping juga dapat memproses benda kerja yang sulit untuk diproses dengan metode pengolahan lain, seperti bagian cangkang tipis, benda kerja dengan flanging, undulasi, pengaku, dll. Keakuratan dimensi bagian stamping dingin dijamin oleh die, sehingga dimensinya adalah stabil dan pertukarannya bagus

② Produk stamping tidak memerlukan atau hanya membutuhkan sedikit pemotongan, dengan pemanfaatan material yang tinggi dan biaya material benda kerja yang rendah.

③ Efisiensi produksi tinggi, operasi sederhana, mekanisasi dan otomatisasi yang mudah direalisasikan. Dilengkapi dengan lini produksi yang maju, dapat mewujudkan operasi mekanis otomatis penuh dari pemberian makan, stamping, pengambilan suku cadang dan pembuangan limbah, dengan intensitas tenaga kerja yang rendah.

④ Die yang digunakan dalam proses press umumnya memiliki struktur yang kompleks, siklus produksi yang panjang dan biaya yang tinggi. Oleh karena itu, proses stamping banyak digunakan untuk produksi batch dan massal, dan produksi single piece dan batch kecil terbatas.

4 Jenis bahan lembaran logam

① SPCC lembaran canai dingin biasa

SPCC mengacu pada penggulungan ingot baja secara terus menerus menjadi gulungan baja atau lembaran dengan ketebalan yang dibutuhkan oleh pabrik penggulung dingin. Tidak ada perlindungan pada permukaan SPCC, yang mudah teroksidasi saat terkena udara. Terutama di lingkungan yang lembab, kecepatan oksidasi dipercepat dan karat merah tua muncul. Permukaan harus dicat, dilapisi atau dilindungi selama penggunaan.

② Lembaran baja galvanis SECC

Substrat SECC adalah gulungan baja canai dingin umum, yang menjadi produk galvanis elektro setelah degreasing, pengawetan, pelapisan listrik, dan berbagai proses pasca perawatan di lini produksi elektro galvanis berkelanjutan. SECC tidak hanya memiliki sifat mekanik dan kemampuan proses yang serupa dengan lembaran baja canai dingin umum, tetapi juga memiliki ketahanan korosi dan tampilan dekoratif yang unggul. Ini memiliki daya saing dan substitusi yang besar di pasar produk elektronik, peralatan rumah tangga, dan furnitur. Misalnya, SECC banyak digunakan dalam sasis komputer.

â Pelat baja galvanis hot dip SGCC

Kumparan baja galvanis celup panas mengacu pada produk setengah jadi setelah pengawetan canai panas atau penggulungan dingin, yang dicuci, dianil, direndam dalam bak seng cair dengan suhu sekitar 460 ° C, dan kemudian dilapisi dengan lapisan seng, dan kemudian dipadamkan, ditempa, diratakan dan diperlakukan secara kimia. Bahan SGCC lebih keras daripada bahan SECC, dengan keuletan yang buruk (menghindari desain pemompaan yang dalam), lapisan seng yang lebih tebal dan kemampuan las yang buruk.

④ Baja tahan karat SUS301

Kandungan Cr (kromium) lebih rendah dari SUS304 dan ketahanan korosinya buruk, tetapi dapat memperoleh gaya tarik dan kekerasan yang baik setelah pemrosesan dingin dan memiliki elastisitas yang baik. Ini banyak digunakan untuk pegas pecahan peluru dan anti em.

â Baja tahan karat SUS304

Salah satu baja tahan karat yang paling banyak digunakan, karena mengandung Ni (nikel), lebih kaya akan ketahanan korosi dan tahan panas dibandingkan dengan baja yang mengandung Cr (kromium). Ini memiliki sifat mekanik yang sangat baik, tidak ada fenomena pengerasan perlakuan panas dan tidak ada elastisitas.